Catatan Hasil Lokakarya 6, Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah

 

Minggu, 18 Juni 2023 adalah hari pelaksanaan pendampingan kelompok Lokakarya 6 Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Polewali Mandar yang dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar.



Produk yang dihasilkan

● Rencana kerja pengembangan program sekolah yaitu tahapan J (Jabarkan Rencana) dan A (Atur Eksekusi) pada BAGJA

● Hasil identifikasi kekuatan diri

● Rencana pengembangan kompetensi diri sebagai pemimpin pembelajaran.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 16 Pengajar Praktik, 65 Calon Guru Penggerak, Penanggungjawab kabupaten dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar dan Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat.

Inti kegiatan pada Pendampingan Kelompok Lokakarya 6 adalah Keberlanjutan Pengembangan Diri Dan Sekolah. Pada kegiatan pendampingan kelompok ini saya mengisi ruang kelas E berpasangan dengan salah satu pengajar praktik ibu Nismawati, S.Pd. Dalam ruang kelas E terdiri dari dua orang pengajar praktik dan delapan orang calon guru penggerak.

Kegiatan ini terdiri dari tujuh sesi yaitu 1) Pembukaan; 2) Berbagi Tujuan Program; 3) Rencana Pengembangan Sekolah; 4) Dimana Saya Sekarang; 5) Ambil Pelajaran! Lakukan Perbaikan; dan 6)Penutup.

Adapun rangkaian aktivitas setiap sesi sebagai berikut :

1) Pembukaan

Pengajar Praktik memandu setiap sesi kegiatan mulai dari pembukaan, pada sesi ini di pandu oleh ibu Nismawati. Pembukaan dimulai dari pengajar praktik mengucapkan salam dan menyapa calon guru penggerak dengan menanyakan kabar. Setelah menyapa calon guru penggerak, pengajar praktik melakukan ice breaking dengan tujuan membuat calon guru penggerak merasa nyaman dengan peserta lain. Selanjutnya pengajar praktik memberikan penjelasan tujuan dan pengulasan kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas yang dibuat adalah kesepakatan yang mendukung suasana belajar di mana calon guru penggerak diminta untuk memberikan masukan terkait dengan kesepakatan yang akan disepakati.



2) Berbagi Tujuan Program Sekolah

Sesi kedua dipandu oleh saya sendiri Rudianto, pada sesi ini pengajar praktik memberikan pengantar sesi memvisualisasikan program sekolah, setelah itu membagikan plano dan spidol, setelah selesai Pengajar Praktik meminta Calon Guru Penggerak secara bergantian menyampaikan hasil.



3) Menyusun Rencana Program Sekolah

Pada sesi ketiga dipandu oleh PP ibu Nismawati, Pengajar Praktik memberikan pengantar sesi penyusunan rencana program sekolah, Pengajar Praktik mempersilakan Calon Guru Penggerak membuat rancangan program dalam power point presentation maksimal sembilan slide. Pengajar Praktik memberikan kesempatan peserta untuk bertanya. Setelah menyelesaikan tugas membuat slide, Pengajar praktik memberikan instruksi bagi calon guru penggerak untuk saling memberikan umpan balik dan melakukan reviu hasil rencana program yang sudah dibuat oleh rekannya. Reviu dilakukan secara berpasangan dengan saling bertukar dokumen rencana program.


     

4) Dimana Saya Sekarang ?

Sesi keempat masih dipandu oleh Saya sendiri PP Rudianto, Pengajar Praktik memberikan penjelasan tahapan sesi. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk memimpin energizer. Setelah energizer seelesai, calon guru penggerak kembali ketempat duduk dan meminta peserta mengeluarkan dokumen penilaian kompetensi diri 360 dari pendampingan individu sebelumnya ▪ Minta peserta mengeluarkan lembar posisi diri hasil dari Lokakarya Orientasi dan yang sudah dilengkapi saat pendampingan individu 1.

Pengajar Praktik mengajak peserta melihat posisi diri lalu membagikan lembar kerja Bagikan lembar kerja kekuatan diri pada tautan : Lembar Kerja 1_Identifikasi Kekuatan Diri.docx - Google Dokumen. Setelah selesai, Pengajar Praktik meminta peserta untuk saling berbagi secara berpasangan kekuatan diri dan kompetensi yang perlu dikuatkan untuk mendukung program sekolah masing-masing.

 


5) Rencana Penguatan Kompetensi Diri

Pengajar Praktik menjelaskan tujuan dari kegiatan, Pengajar Praktik menjelaskan pengantar kegiatan, Pengajar Praktik kemudian menjelaskan bagian pengantar rencana kerja. Lembar kerja rencana penguatan kapasitas diri akan dikirmkan dalam bentuk tautan untuk diunduh dan dikerjakan dalam bentuk soft file. Tautan untuk dibagikan ke peserta : Lembar Kerja 2_Rencana Penguatan Kompetensi Diri.docx - Google Dokumen. Selama pembuatan rencana penguatan kompetensi diri, pengajar praktik mengingatkan untuk bisa saling berdiskusi dengan rekannya, terutama mengenai strategi yang akan dilakukan.



6) Penutup

Sesi terakhir dipandu oleh PP ibu Nismawati, pada sesi ini pengajar praktik melakukan refleksi bersama calon guru penggerak. Sebelum sesi ini ditutup terlebih dahulu Pengajar Praktik memberikan apresiasi kepada semua Calon Guru Penggerak atas proses pembelajaran yang sudah dilalui. Selanjutnya PP dan CGP melakukan foto bersama.


  

Tujuan pembelajaran tercapai dengan baik dan pelaksanaan pendampingan kelompok / Lokakarya 6 berjalan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

 

Post a Comment for "Catatan Hasil Lokakarya 6, Keberlanjutan Pengembangan Diri dan Sekolah"