Pengajar Praktik memberikan apresiasi kepada semua Calon Guru Penggerak atas proses pembelajaran yang sudah dilalui.
Produk yang dihasilkan:
· Rencana
tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali
mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.
· Strategi
pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.
· Rencana
program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.
Pada kegiatan ini dihadiri oleh 16 Pengajar Praktik, 65
Calon Guru Penggerak, Penanggungjawab kabupaten dalam hal ini adalah Dinas
Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar dan Balai Guru Penggerak
Provinsi Sulawesi Barat.
Inti kegiatan pada Pendampingan Kelompok Lokakarya 5 adalah
Kolaborasi dala Pengelolaan Program yang Berpihak pada Murid. Pada kegiatan
pendampingan kelompok ini saya mengisi ruang kelas G berpasangan dengan salah
satu pengajar praktik Hj. Mardia, S.Pd.I, M.Pd.I. Dalam ruang kelas G terdiri
dari dua orang pengajar praktik dan delapan orang calon guru penggerak.
Kegiatan ini terdiri dari enam sesi yaitu 1) Pembukaan;
2) Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat Pertanyaan) Dan A
(Ambil Pelajaran); 3) Menyusun
Strategi Pelibatan Aktor dalam Fase Gali Mimpi;
4) Membuat Rencana Program; 5)
Penutup.
Adapun rangkaian aktivitas setiap sesi sebagai berikut :
1) Pembukaan
Pengajar Praktik memandu setiap sesi kegiatan mulai dari
pembukaan, pada sesi ini di pandu oleh saya sendiri PP Rudianto. Pembukaan
dimulai dari pengajar praktik mengucapkan salam dan menyapa calon guru
penggerak dengan menanyakan kabar. Setelah menyapa calon guru penggerak,
pengajar praktik melakukan ice breaking dengan tujuan membuat calon guru
penggerak merasa nyaman dengan peserta lain. Selanjutnya pengajar praktik
memberikan penjelasan tujuan dan pengulasan kesepakatan kelas. Kesepakatan
kelas yang dibuat adalah kesepakatan yang mendukung suasana belajar di mana
calon guru penggerak diminta untuk memberikan masukan terkait dengan
kesepakatan yang akan disepakati.
2) Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat
Pertanyaan) Dan A (Ambil Pelajaran)
Sesi kedua dipandu oleh PP Hj. Mardia, pada sesi
pengajar praktik menjelaskan gambaran aktivitas dan memberikan penjelasan tahapan sesi.
Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk membagi kedalam empat kelompok. Calon guru penggerak diberikan waktu untuk diskusi di dalam kelompok.
Pengajar Praktik mempersilakan setiap kelompok untuk presentasi dan
memfasilitasi jalannya pemberian umpan balik. Waktu presentasi masing-masing
kelompok adalah 5 menit. Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil
diskusi. Waktu reviu dan penguatan selama 20 menit. Pengajar Praktik memberikan
apresiasi atas proses yang telah berlangsung. Pengajar Praktik menutup sesi ini
dan masuk sesi berikutnya.
3) Menyusun Strategi Pelibatan Aktor dalam Fase
Gali Mimpi
Pada sesi ketiga dipandu oleh PP Rudianto, aktivitas
dimulai dari Pengajar Praktik memberikan penjelasan aktivitas yang
akan dilakukan. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk membagi kedalam empat kelompok. Setiap kelompok terdiri dari dua orang. Calon guru penggerak diberikan waktu untuk diskusi di dalam
kelompok. Pengajar Praktik mempersilakan setiap kelompok untuk presentasi dan
memfasilitasi jalannya pemberian umpan balik. Pengajar Praktik melakukan reviu
dan penguatan hasil diskusi. Pengajar Praktik memberikan apresiasi atas proses
yang telah berlangsung. Pengajar Praktik menutup sesi ini dan masuk ke sesi
selanjutnya.
4) Membuat Rencana Program
Sesi keempat masih dipandu oleh PP Hj. MArdia, Pengajar
Praktik memberikan penjelasan tahapan sesi. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk
mulai membuat rencana program secara individu bagian Judul Program atau
kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. Calon guru penggerak diberikan
waktu untuk kerja individu. Pengajar Praktik mempersilakan calon guru penggerak
untuk berpasangan dan presentasi secara bergiliran. Calon guru penggerak yang
tidak mendapatkan pasangan dapat berpasangan dengan pengajar praktik. Calon
Guru Penggerak diminta untuk menempelkan hasil rencana Gallery Walk memberikan
masukan kepada rencana program rekan-rekannya satu ruangan. Pengajar praktik
mempersilakan calon guru penggerak kembali ke tulisannya masing-masing untuk
membaca masukan dari calon guru penggerak lain serta melakukan konfirmasi dan
perbaikan rencana programnya. Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan
hasil diskusi. Pengajar Praktik memberikan apresiasi atas proses yang telah
berlangsung.
5) Penutup
Sesi terakhir dipandu oleh PP Rudianto, pada sesi ini pengajar
praktik melakukan refleksi bersama calon guru penggerak. Sebelum sesi ini
ditutup terlebih dahulu Pengajar Praktik memberikan apresiasi
kepada semua Calon Guru Penggerak atas proses pembelajaran yang sudah dilalui.
Selanjutnya PP dan CGP melakukan foto bersama.
Tujuan
pembelajaran tercapai dengan baik dan pelaksanaan pendampingan kelompok /
Lokakarya 5 berjalan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.
Post a Comment for "Catatan Hasil Lokakarya 5, Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7"