Catatan Hasil Lokakarya 5, Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7

 Pengajar Praktik memberikan apresiasi kepada semua Calon Guru Penggerak atas proses pembelajaran yang sudah dilalui.




Produk yang dihasilkan

·     Rencana tindak lanjut tahapan B (Buat pertanyaan), A (Ambil pelajaran), dan G (Gali mimpi) dari tahapan BAGJA untuk merancang program yang berpihak pada murid.

·     Strategi pelibatan aktor dalam fase gali mimpi.

·     Rencana program bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh 16 Pengajar Praktik, 65 Calon Guru Penggerak, Penanggungjawab kabupaten dalam hal ini adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Polewali Mandar dan Balai Guru Penggerak Provinsi Sulawesi Barat.

Inti kegiatan pada Pendampingan Kelompok Lokakarya 5 adalah Kolaborasi dala Pengelolaan Program yang Berpihak pada Murid. Pada kegiatan pendampingan kelompok ini saya mengisi ruang kelas G berpasangan dengan salah satu pengajar praktik Hj. Mardia, S.Pd.I, M.Pd.I. Dalam ruang kelas G terdiri dari dua orang pengajar praktik dan delapan orang calon guru penggerak.

Kegiatan ini terdiri dari enam sesi yaitu 1) Pembukaan; 2) Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat Pertanyaan) Dan A (Ambil Pelajaran); 3) Menyusun Strategi Pelibatan Aktor dalam Fase Gali Mimpi; 4) Membuat Rencana Program; 5) Penutup.

Adapun rangkaian aktivitas setiap sesi sebagai berikut :

1) Pembukaan

Pengajar Praktik memandu setiap sesi kegiatan mulai dari pembukaan, pada sesi ini di pandu oleh saya sendiri PP Rudianto. Pembukaan dimulai dari pengajar praktik mengucapkan salam dan menyapa calon guru penggerak dengan menanyakan kabar. Setelah menyapa calon guru penggerak, pengajar praktik melakukan ice breaking dengan tujuan membuat calon guru penggerak merasa nyaman dengan peserta lain. Selanjutnya pengajar praktik memberikan penjelasan tujuan dan pengulasan kesepakatan kelas. Kesepakatan kelas yang dibuat adalah kesepakatan yang mendukung suasana belajar di mana calon guru penggerak diminta untuk memberikan masukan terkait dengan kesepakatan yang akan disepakati.


2) Diskusi Hasil Aksi Nyata B (Buat Pertanyaan) Dan A (Ambil Pelajaran)

Sesi kedua dipandu oleh PP Hj. Mardia, pada sesi pengajar praktik menjelaskan gambaran aktivitas dan memberikan penjelasan tahapan sesi. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk membagi kedalam empat kelompok. Calon guru penggerak diberikan waktu untuk diskusi di dalam kelompok. Pengajar Praktik mempersilakan setiap kelompok untuk presentasi dan memfasilitasi jalannya pemberian umpan balik. Waktu presentasi masing-masing kelompok adalah 5 menit. Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi. Waktu reviu dan penguatan selama 20 menit. Pengajar Praktik memberikan apresiasi atas proses yang telah berlangsung. Pengajar Praktik menutup sesi ini dan masuk sesi berikutnya.


3) Menyusun Strategi Pelibatan Aktor dalam Fase Gali Mimpi

Pada sesi ketiga dipandu oleh PP Rudianto, aktivitas dimulai dari Pengajar Praktik memberikan penjelasan aktivitas yang akan dilakukan. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk membagi kedalam empat kelompok. Setiap kelompok terdiri dari dua orang. Calon guru penggerak diberikan waktu untuk diskusi di dalam kelompok. Pengajar Praktik mempersilakan setiap kelompok untuk presentasi dan memfasilitasi jalannya pemberian umpan balik. Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi. Pengajar Praktik memberikan apresiasi atas proses yang telah berlangsung. Pengajar Praktik menutup sesi ini dan masuk ke sesi selanjutnya.


4) Membuat Rencana Program

Sesi keempat masih dipandu oleh PP Hj. MArdia, Pengajar Praktik memberikan penjelasan tahapan sesi. Pengajar Praktik meminta calon guru penggerak untuk mulai membuat rencana program secara individu bagian Judul Program atau kegiatan, latar belakang, dan tujuan program. Calon guru penggerak diberikan waktu untuk kerja individu. Pengajar Praktik mempersilakan calon guru penggerak untuk berpasangan dan presentasi secara bergiliran. Calon guru penggerak yang tidak mendapatkan pasangan dapat berpasangan dengan pengajar praktik. Calon Guru Penggerak diminta untuk menempelkan hasil rencana Gallery Walk memberikan masukan kepada rencana program rekan-rekannya satu ruangan. Pengajar praktik mempersilakan calon guru penggerak kembali ke tulisannya masing-masing untuk membaca masukan dari calon guru penggerak lain serta melakukan konfirmasi dan perbaikan rencana programnya. Pengajar Praktik melakukan reviu dan penguatan hasil diskusi. Pengajar Praktik memberikan apresiasi atas proses yang telah berlangsung.


5) Penutup

Sesi terakhir dipandu oleh PP Rudianto, pada sesi ini pengajar praktik melakukan refleksi bersama calon guru penggerak. Sebelum sesi ini ditutup terlebih dahulu Pengajar Praktik memberikan apresiasi kepada semua Calon Guru Penggerak atas proses pembelajaran yang sudah dilalui. Selanjutnya PP dan CGP melakukan foto bersama.


Tujuan pembelajaran tercapai dengan baik dan pelaksanaan pendampingan kelompok / Lokakarya 5 berjalan dengan baik dan sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Post a Comment for "Catatan Hasil Lokakarya 5, Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7"