Aksi Nyata 1.1. Meningkatkan Pemahaman Budaya Malaqbi Melalui Tarian Tradisional

 

AKSI NYATA

 

Judul : “MENINGKATKAN PEMAHAMAN BUDAYA MALAQBI MELALUI TARIAN TRADISIONAL

Nama  : PGP-1-Kab.Polewali Mandar-Rudianto-1.1-Aksi Nyata

 

A.    LATAR BELAKANG

B.    Saat ini perkembangan zaman semakin maju, perkembangan ini terjadi dari segala aspek. Perkembangan zaman ini sangat berpengaruh pada perkembangan anak. Untuk menangkal perkembangan negative pada anak maka salah satu cara adalah dengan cara mengembangkan kreatifitas anak. Kreatifitas merupakan bagian dari bakat yang terdapat pada seseorang terutama pada anak. “kemampuan berpikir kreatif dapat melihat berbagai macam penyelesaian suatu masalah” Utami Munandar (2002:60). Melalui seni tari adat diharapkan mampu meningkatkan kreatifitas siswa dan lebih memahami Budaya Malaqbi.

 

C.   DESKRIPSI AKSI NYATA

Berdasarkan rencana yang telah dibuat untuk melakukan aksi nyata yang bertema Meningkatkan Pemahaman Budaya Malaqbi Melaui Tarian Tradisional, maka guru telah Menyusun perencanaan berupa :

1.    Melakukan sosialisasi dengan kepala sekolah, guru, dan murid tentang rancangan tersebut. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini guru bisa mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari murid, guru, kepala sekolah karena dukungan ini akan sangat membantu untuk mempermudah terwujudnya aksi nyata yang akan saya lakukan.

2.    Guru bersama coach dan murid mendiskusikan tarian yang akan diperagakan coach. Tarian tradisional yang dimaksudkan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman budaya malaqbi melalui tarian tradisional.

3.    Guru bersama coach dan murid mulai Latihan menari sesuai dengan hasil rancangan yang telah di sepakati. Dari kegiatan ini, mulailah guru dan coach mengarahkan untuk memberikan pemahaman tentang budaya malaqbi melalui tarian tradisional.

4.    Kegiatan latuhan menari ini dilakukan diluar jam pelajaran sehingga mereka tidak tergangu dengan aktivitas belajar di sekolah.

5.    Rancangan ini terlaksana dengan baik sehingga anak lebih memahami budaya malaqbi (malaqbi pau, kedzo dan gau’).

D.   HASIL AKSI NYATA

Berdasarkan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah Bab I, yang menyatakan bahwa “proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup, bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik”. Berdasarkan pengalaman yang ada bahwa anak-anak senang sekali turut berpartisipasi  aktif dalam kegiatan belajar tarian tradisional.

E.    PELAJARAN YANG DI DAPATKAN

Pada pelaksanaan tentunya keberhasilan maupun kegagalan bisa saja terjadi. Kendala yang terjadi adalah kecenderungan murid kadang merasa Lelah dan butuh istirahat. Akan tetapi pembelajaran akan terus berlanjut karena belajar akan lebih bermakna jika kreativitas mulai diterapkan dalam pembelajaran.

F.    RENCANA PERBAIKAN KEDEPANNYA

Setiap rancangan tidak ada yang sempurna, karena dibuat oleh manusia. Untuk itu kedepannya rancangan ini mengalami perbaikin seiring berkembanganya zaman. Anak akan mengalami perubahan dan pekembangan seiring dengan berkembangnya lingkungan tempat tinggal mereka.

G.   LAMPIRAN DOKUMENTASI

dokumen terlampir dalam bentuk video  youtube :

https://youtu.be/uY145nwI7e8





 

 

 

Post a Comment for "Aksi Nyata 1.1. Meningkatkan Pemahaman Budaya Malaqbi Melalui Tarian Tradisional"