Tindakan Aksi Nyata
PGP-Angkatan 1-Polewali Mandar-Rudianto- Aksi Paket Modul 3
Modul 3.3 : Pengelolaan Program yang Berdampak
pada Murid
Nama CGP : Rudianto
Program :
Aktivitas Literasi
Sabtu Membaca (ALiSA)
A.
Latar Belakang
Gerakan Literasi memiliki peran penting dalam dunia Pendidikan terutama saat ini keterlaksanaan daring atau pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi Covid-19. Wilayah sekolah kami yang tidak memiliki jaringan sehingga
pelaksanaan KBM dilaksanakan secara berkelompok dengan durasi waktu pertemuan 2
jam/minggu. adanya Gerakan literasi menjadi lebih mengefisiensikan pembelajaran Luring karena siswa
dapat menemukan bacaan yang menarik selama masa di rumah.
Gerakan literasi sekolah ini adalah salah
satu program yang sangat penting di terapkan pada bidang pendidikan, karena
program tersebut mampu untuk mengembangkan kemampuan peserta didik dalam
membaca dan menulis serta kreativitas mereka. Menurut
Abidin, dkk (2017:1) orang yang mampu memahami suatu bacaan dan tulisan atau
tidak buta huruf maka orang tersebut bisa dikatakan mengetahui akan sastra.
Kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan
membaca yang berujung pada kemampuan memahami, meneliti dan menerapkan. Menurut
Antoro (2017:39) tenaga pendidik merupakan orang yang mampu mengondisikan
suasana batin peserta didik bahwa membaca dan menulis adalah aktivitas
menyenangkan akan meraih kepuasan atas program literasi. Faktanya masih banyak
sekolah yang belum mampu menerapkan literasi.
Menurut Sulistyo (2017:1) tujuan umum dari gerakan literasi
sekolah adalah untuk menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui
pembudayaan berbagai macam literasi yang diwujudkan dalam gerakan literasi
sekolah, agar menjadi pembelajaran sepanjang hayat. Kegiatan gerakan literasi
sekolah tentunya melibatkan semua warga sekolah mulai dari guru, orang tua/wali
murid, masyarakat dan khususnya peserta didik.
B. Tujuan
Adapun tujuan
progam ALISA (Aktivitas Literasi
Sabtu membaca ) adalah :
·
Mengedukasi rekan sejawat dan siswa dalam memanfaatkan waktu luang dalam membaca buku.
·
Mengedukasi rekan
sejawat dan siswa agar dapat
membiasakan
mengkhatam membaca Buku dalam seminggu
·
Mengarahkan ke potensi Murid masing – masing, ada yang pandai membaca di bidang
puisi, ada yang pandai di bidang cerita pendek (cerpen), naskah drama puisi dan
pantun
C.
TAHAPAN
BAGJA
Tahapan BAGJA |
Hasil Tahapan |
B-uat Pertanyaan |
·
Bagaimana meningkatkan minat murid dalam membaca buku · Bagaimana meningkatkan kesadaran siswa dalam Membaca buku ·
Bagaimana
mengarahkan potensi siswa dalam membaca, berpuisi, drama dll. |
A-mbil Pelajaran |
Siapakah yang pernah berhasil meningkatkan pemahaman siswa dalam program Literasi baca. ·
Mencari profil
sekolah, orang / teman sejawat
atau tokoh terkenal yang sudah pernah
atau berhasil meningkatkan pemahaman siswa
dalam memanfaatkan buku bacaan, perangkat
digital dan alat-alat komunikasi atau jaringan dalam
pembelajaran serta kesadaran siswa dalam menggunakan
media baca dan digital secara bijak, kreatif
dan bertanggung jawab Aktivitas apa saja yang dilakukan
dalam meningkatkan kompetensi siswa
dalam hal toleransi? ·
Mencari tau
dan mencatat bagaimana sekolah, orang / teman sejawat atau tokoh terkenal dalam meningkatkan pemahaman siswa dalam program Literasi Baca
dalam pembelajaran serta kesadaran siswa dalam membaca secara bijak,kreatif dan bertanggung jawab. |
G-ali Mimpi |
· Siswa memiliki sarana dalam
menyalurkan kemampuan dan berpotensi dalam menulis, berpuisi, drama, membuat video dll ·
Guru memiliki kemampuan dan kreatifitas dalam megedukasi
siswa dalam memanfaatkan aktivitas literasi baca dan serta
memiliki kemampuan dalam memberikan kesadaran kepada siswa dalam
membaca
buku secara bijak, kreatif
dan bertanggung jawab · Kepala Sekolah memberikan dorongan, motivasi serta
dukungan terhadap upaya
program ALISA (Gerakan Literasi Sabtu membaca) serta kepercayaan terhadap langkah perbaikan dan pengembangan bagi
guru dan murid · Meningkatnya pemahaman kepala
sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa dalam menggunakan buku sebagai sarana penambahan pemahaman dan pengetahuan. ·
Keluarga
ikut mendampingi dalam implementasi Literasi guna pengembangan potensi anak
dari rumah untuk membantu tugas sekolah menjadi hal yang sangat penting |
J-abarkan Rencana |
·
Program ini dapat berjalan dengan baik dengan
keterlibatan semua komunitas sekolah, seperti kepala
sekolah sebagai penanggung jawab, para guru sebagai pengarah dan murid sebagai
pelaksana ( Subjek
) Orang tua sebagai mitra sekolah mendukung dan
mendampingi murid dirumah. ·
Monitor dilakukan oleh murid kepada murid dan untuk murid sendiri. Evaluasi melibatkan guru, kepala
sekolah, dan masyarakat luar sekolah (Orang tua) |
A-tur Eksekusi |
Penanggung jawab
dan mekanisme koordinasi antar tim: · Penanggung Jawab
kegiatan : Kepala sekolah · Pengarah : Dewan guru · Koordinator : Guru ·
penanggung jawab
kegiatan, perlengkapan , tempat : guru dan murid laporan dibuat oleh koordinator kegiatan (guru) . Koordinasi dilakukan seminggu sekali Hasil laporan koordinasi kepada
kepala sekolah. Evaluasi dilakukan dalam rapat
koordinasi dengan kepala sekolah dan guru |
D. MELR (Monitoring, Evaluation,Learning, and Reporting)
a. Rencana Monitoring
Pertanyaan
Kunci Evaluasi Program |
-
Sejauh mana Guru membuat jadwal literasi baca -
Seberapa banyak Guru menyediakan sarana baca(buku) -
Sejauh mana Murid dan warga sekolah melakukan literasi baca -
Sejauh mana Guru mendampingi murid membaca - Sejauh mana Guru
membimbing murid yang memiliki potensi satra |
b. Fokus Monitoring
Fokus Monitoring |
Pertimbangan Pemilihan |
Pertanyaan Utama Monitoring |
Bagaimana kegiatan pelaksanaan
program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu membaca)? |
Untuk memastikan kegiatan berjalan dengan baik murid
mengikuti petunjuk yang diberikan oleh guru |
Bagaimana sikap
murid saat kegiatan Program ALISA (Aktivitas Literasi
Sabtu membaca)? |
c. Metode Penggalian Data
Pertanyaan Monitoring |
Sumber Informasi |
Metode |
Kapan / Bagaimana |
· Apakah setiap murid menjalankan perannya ? · Bagaimana
sikap murid saat
mengikuti program ALISA (Aktivitas Literasi
Sabtu membaca)? |
Guru , murid |
Wawancara/O bservasi |
Dalam proses berjalan |
d. Strategi Pengolahan Data
Pertanyaan Monitoring |
Data yang terkumpul |
Kesimpulan |
Catatan Khusus Pengecualian , dll |
Bagaimana pelaksanaan kegiatan program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu membaca), apakah setiap murid
dapat mengikuti program dengan baik? |
Setiap murid dapat mengikuti
program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu membaca) dengan baik |
Kegiatan program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu membaca) berjalan dengan lancar |
- |
e. Pembelajaran Program
Faktor – faktor pendukungpelaksanaan program |
Faktor-faktor
penghambat pelaksanaan program |
Pembelajaran |
Koordinasi team
yang baik |
· Tidak semua murid termotivasi dalam
membaca buku · Beberapa siswa kelas bawah belum
sepenuhnya pandai membaca buku · Beberapa siswa masih belum percaya diri
dalam menampilkan hasil karya tulis berupa puisi dll |
Siswa SD kelas rendah belum semua pandai membaca mencapatkan
pendampingan khusus serta mengarahkan siswa untuk lebih percaya diri dalam mengasah
potensinya. Dukungan orang tua akan sangat membantu murid. |
f.
Pelaporan Program
Laporan Pelaksanaan Program |
Gambaran Umum Program ·
Mengedukasi siswa
dalam membiasakan membaca buku ·
Mengedukasi siswa dalam mennyelesaikan membaca satu, dua buku dalam
seminggu dan terus mengalami penambahan dalam menghatamkan bukunya. ·
Mengedukasi siswa agar siswa dapat menggunakan buku dan perangkat digital secara bijak,
kreatif dan bertanggung jawab ·
Mengedukasi siswa dalam mengasah potensinya dalam literasi seperti
menulis dan membaca puisi, drama dll. Dalam pelaksanaannya murid sangat
antusias mengikuti kegiatan program yang dilaksanakan hal ini terlihat dari keaktipan serta
rasa penasaran siswa
dalam menyelesaikan buku bacaanya setiap minggu. Dengan kata lain program
ini berjalan dengan
baik dan tujuan dari
progam inipun tercapai. |
Orang tua/masyarakat) Faktor Pendukung dan Penghambat Program Faktor pendukung dari program
ini adalah peran dan kontribusi berbagai pihak dalam bentuk moril maupun materil. Faktor penghambat dari program
ini adalah tidak semua siswa dapat membaca terutama kelas rendah,
Kurangnya rasa percaya diri beberapa siswa dalam menampilkan potensi mereka
dalam program ALI SABA dengan baik. Hasil Pelaksanaan Program dapat Dilihat
dari antusias murid serta kerja sama yang yang baik yang terjalin program ini berjalan dan terlaksana sesuai
dengan yang diharapkan akhirnya tujuan dari
pogram ini pun tercapai |
Evaluasi program Evaluasi Program diperlukan dalam mengoptimalkan pencapaian tujuan dari program
tersebut , wawancara ,observasi , survey
dilakukanan dalam meningkatkan hasil nyata dari program yang dijalankan |
Pembelajaran Program Pembelajaran yang
didapat dari program Pajangan Karya Murid Dalam pencapaian tujuan dari
proram yang dicanangkan diperlukan peran dan
kontribusi dari berbagai pihak yang berkepentingan untuk itu kerjasama dan kolaborasi yang
baik harus dibangun agar tercipta iklim yang positif. Monitoring , evaluasi serta pelaporan menjadi
salah satu strategi yang tepat agar program
yang nantinya dijalanankan sesuai dengan harapan dan tujuan dari program
tersebut. Program ALI SABA adalah
salah satu cara untuk meningkatkan pemahaman
siswa dalam membaca buku serta meningkatkan kesadaran siswa dalam membaca buku secara bijak,
kreatif dan bertanggung jawab. |
Dalam Perencanaan hingga pelaporan Program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu Membaca) di Sekolah SDN 035 Bussu melakukan pelibatan dengan berbagai pihak yang berkepentingan dari dalam maupun luar sekolah
(Pengawas sekolah , Kepala Sekolah , Guru , Komite , Murid , Orang
tua/masyarakat) agar program dapat berjalan dengan baik dan
mencapai tujuan yang
diaharapkan.
Dengan literasi digital sekolah, siswa, guru,
tenaga kependidikan, dan kepala sekolah diharapkan memiliki kemampuan untuk memahami,
mengaprisisasikan potensinya dalam membaca baik dengan buku maupun dengan media
digital.
Dalam literasi keluarga, orang tua mendampingi anak
dalam potensinya mengkreasikan karya
sastra . Ayah dan ibu merupakan pendidik per- tama
dan utama. Keluarga wajib melindungi anak- anaknya dari berbagai pengaruh negatif lingkungan, termasuk media
digital. Pengembangan literasi baca dalam keluarga lebih menekankan pada pentingnya mengoptimalkan pemanfaatan buku. Dalam hal ini, keluarga merupakan benteng utama dalam membendung
pengaruh negatif bagi anak. Oleh karena itu keluarga
ikut mendampingi dalam penggunaan media buku sebagai sarana pengembangan potensi literasi anak.
Komunitas pendidikan memilki peran dalam meningkatkan fasilitas
yang mendukung program ALISA (Aktivitas Literasi Sabtu Membaca) yaitu dengan melakukan pembimbingan dan pendampingan program tersebut di sekolah. Dalam menanamkan literasi baca
dalam sekolah, guru perlu turut serta berpartisipasi aktif dalam peningkatan pengetahuan serta kreativitasnya dalam proses pembelajaran dan pendampingan murid, serta kepala sekolah
harus memberikan fasilitas
warga sekolah dalam mengembangkan literasi
baca setiap sabtu di sekolah serta menyediakan sarana dan prasarana
siswa dalam mengembangkan kreativitasnya adalam bidang satra.
E.
Tolok Ukur
o Program ALiSA ini berjalan setiap sabtu
dengan diikuti oleh seluruh warga sekolah (kepala Sekolah, Guru, Murid dan staf
sekolah)
o Pemahaman rekan sejawat dan
siswa dalam memahami
bacaan mengalami peningkatan dengan adanya hasil karya sastra siswa yang
dipajang di madding perpustakaan
o Siswa mampu mengkhatamkan buku dalam
seminggu yang tertulis dalam kartu kendali yang ditandatangani oleh orang tua
dan wali kelas.
F.
Linimasa
o Komunikasi dan Kolaborasi dengan Kepala Sekolah
dan Rekan Sejawat
terhadap rancangan aksi (Program);
o Komunikasi dan kolaborasi bersama
siswa dan perwakilan orang tua murid
terhadap rencana aksi/program;
o Membuat jadwal kegiatan ALISA;
o Kegiatan ALiSA di lakukan
oleh masing-masing guru kelas sebagai
koorditor dan melibatkan sebagian peserta siswa di kelas tersebut dalam memimpin kegiatan.
G. Dukungan yang dibutuhkan
Aset sekolah
ü
Fasilitator dan Pendamping untuk memberikan dukungan
dan semangat serta
motivasi CGP
ü
Kepala Sekolah
ü
Rekan Sejawat
ü
Siswa
ü
Wali Murid
ü Sarana dan Prasarana sekolah
LAMPIRAN
FOTO KEGIATAN
PELAKSANAAN
KEGIATAN ALiSA SETIAP SABTU PAGI PUKUL 7.30-09.00 WITA
Post a Comment for "Modul 3.3 : Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid"