Tugas Modul 1.3.a.6. Refleksi Terbimbing

 

Tugas Modul 1.3.a.6 Refleksi Terbimbing

 

Kolaborasi CGP RAMAH (RudiAnto, MArdiah, Hasdia)

 

 

1.     1 . Apa kesimpulan anda tentang murid merdeka belajar ?

Murid merdeka adalah murid yang belajar dan berkarya dengan rasa nyaman dan aman, mengembangkan diri sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang ada dalam diri murid serta berfikir secara mandiri tanpa ada paksaan mengakui hasil pemikiran orang lain.


2.     2. Apa ciri-ciri murid merdeka menurut Anda ?

-       Nyaman

-       Bahagia

-       Reflektif

-       Berbudi pekerti

-       Kolaboratif

-       Komunikatif

-       Kreatif

-       Berfikir kritis

-       Mandiri

-       Toleran

-       Sehat jasmani dan rohani

 

3.     3. Bagaimana mencapai visi murid merdeka di kelas anda ?

a.     Visi harus mengakomodir cara mencapai Murid merdeka dan strategi menggapai murid Merdeka

b.     Mempermudah cita-cita untuk cara mencapai atau strategi menggapai murid merdeka

c.     Visi dan misi kita akan menolong merumuskan prioritas bahkan menghindarkan kita melakukan apa yang tidak berguna bagi pencapaian murid merdeka

 

4.     4. Bagaimana paradigma inquiri apresiatif dapat membantu Anda mencapai murid merdeka ?

Untuk mencapai visi murid merdeka, paradigma inkuiri apresiatif sangat membantu guru, sebagai pendekatan kolaboratif untuk menggali kekuatan-kekuatan positif dalam melakukan perubahan yang dikolaborasikan sampai menghasilkan perubahan positif, yakni murid merdeka. Paradigma inkuiri apresiatif dapat digunakan untuk mengungkapkan hal-hal positif untuk membuat perubahan-perubahan dalam mencapai murid merdeka

 

5.     5. Perilaku apa saja yang mencerminkan paradigma inkuiri apresiatif di kelas ?

Menurut saya, perilaku yang mencerminkan paradigma inkuiri apresiatif di kelas antara lain:

-       Mandiri dalam berkarya

-       Berfikir tanpa tekanan

-       Belajar tanpa paksaan

-       reflektif

Post a Comment for "Tugas Modul 1.3.a.6. Refleksi Terbimbing"