Tugas Modul 1.3.a.6 Refleksi Terbimbing
Kolaborasi CGP RAMAH (RudiAnto, MArdiah, Hasdia)
1. 1 . Apa
kesimpulan anda tentang murid merdeka belajar ?
Murid merdeka adalah murid yang belajar dan berkarya dengan rasa nyaman dan aman, mengembangkan diri sesuai dengan minat, bakat, dan potensi yang ada dalam diri murid serta berfikir secara mandiri tanpa ada paksaan mengakui hasil pemikiran orang lain.
2.
2. Apa
ciri-ciri murid merdeka menurut Anda ?
-
Nyaman
-
Bahagia
-
Reflektif
-
Berbudi
pekerti
-
Kolaboratif
-
Komunikatif
-
Kreatif
-
Berfikir
kritis
-
Mandiri
-
Toleran
-
Sehat
jasmani dan rohani
3.
3. Bagaimana
mencapai visi murid merdeka di kelas anda ?
a. Visi harus mengakomodir cara mencapai
Murid merdeka dan strategi menggapai murid Merdeka
b. Mempermudah cita-cita
untuk cara mencapai atau strategi menggapai murid merdeka
c. Visi dan misi kita akan menolong merumuskan prioritas
bahkan menghindarkan kita melakukan apa yang tidak berguna bagi pencapaian
murid merdeka
4.
4. Bagaimana
paradigma inquiri apresiatif dapat membantu Anda mencapai murid merdeka ?
Untuk mencapai visi murid merdeka, paradigma
inkuiri apresiatif sangat membantu guru, sebagai pendekatan kolaboratif untuk
menggali kekuatan-kekuatan positif dalam melakukan perubahan yang
dikolaborasikan sampai menghasilkan perubahan positif, yakni murid merdeka.
Paradigma inkuiri apresiatif dapat digunakan untuk mengungkapkan hal-hal
positif untuk membuat perubahan-perubahan dalam mencapai murid merdeka
5. 5. Perilaku
apa saja yang mencerminkan paradigma inkuiri apresiatif di kelas ?
Menurut
saya, perilaku yang mencerminkan paradigma inkuiri apresiatif di kelas antara
lain:
-
Mandiri
dalam berkarya
-
Berfikir
tanpa tekanan
-
Belajar
tanpa paksaan
-
reflektif
Post a Comment for "Tugas Modul 1.3.a.6. Refleksi Terbimbing"