Assalamu Alaikum Wr. Wb
Sahabat guru penggerak, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas Calon Guru Penggerak (CGP) pada modul 1.3.a.4 Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak.
Tugas ini adalah kesimpulan dari masing-masing CGP setelah menonton video 1.3 - BAGJA yang berdurasi 6 menit 39 detik
link :
https://youtu.be/JcVPW6dchO0
Berikut adalah pertanyaan dan jawaban :
Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama
dalam bacaan dan video tersebut?
Inquiry apresiatif adalah sebuah pendekatan
kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan. Inkuiri
apresiatif pertama kali dikembangkan oleh David cooperrider yang menggunakan
prinsip-prinsip psikologi positif dan pendekatan positif.
inkuiri apresiatif merupakan salah satu model
manajemen perubahan yang membawakebaikan dalam satu sistem seperti komunitas
ataupun organisasi.
ada lima tahapan utama yang diterjemahkan ke dalam
bahasa Indonesia dengan akronim BAGJA (bahagia). Model ini diadaptasi dari
paparan oleh Nobel dan McGrath tahun 2016
Buat
pertanyaan utama
Ambil
pelajaran
Gali mimpi
Jabarkan
rencana
Atur eksekusi
Mengapa informasi tersebut diberikan pada Anda
sekarang sebagai calon guru penggerak?
Informasi tersebut diberikan pada saya sekarang
sebagai calon guru penggerak karena kita diharapkan
akan mampu mengeksplorasi diri dan visi sebagai arah pandang dalam mewujudkan visi sekolah.
Informasi apa yang paling dapat membantu sebagai guru
penggerak kelak?
Setiap orang
memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti
positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Inquiry Apresiatif dimulai dengan
menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang
dimiliki organisasi, sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya
dalam melakukan perencanaan perubahan.
Hal kecil apa yang dapat Anda lakukan sekarang setelah
memperoleh informasi tersebut?
Pendekatan Inquiry Apresiatif dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik, misal memandang visi yang
telah ada di sekolah, mencari cara agar bagaimana hal-hal positif tersebut dapat
dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak-adaan menjadi tidak
relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal
positif atau kekuatan tersebut dengan visi sekolah dan visi setiap
individu dalam komunitas sekolah.
Mantulll๐๐๐
ReplyDeleteMantap...
ReplyDeletekeren de'
ReplyDeleteLinknya gak warna biru
ReplyDeletehijau warna surga adn
ReplyDeletemantul semangat selalu dan tetap berkolaborasi dengan saya, hehe