Tugas Modul 1.3.a.4 Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Sahabat guru penggerak, alhamdulillah saya bisa menyelesaikan tugas Calon Guru Penggerak (CGP) pada modul 1.3.a.4 Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak.

Tugas ini adalah kesimpulan dari masing-masing CGP setelah menonton video 1.3 - BAGJA yang berdurasi 6 menit 39 detik

link : 


https://youtu.be/JcVPW6dchO0


Berikut adalah pertanyaan dan jawaban :

Apa saja yang menurut Anda menjadi informasi utama dalam bacaan dan video tersebut?

Inquiry apresiatif adalah sebuah pendekatan kolaboratif dalam melakukan perubahan yang berbasis kekuatan. Inkuiri apresiatif pertama kali dikembangkan oleh David cooperrider yang menggunakan prinsip-prinsip psikologi positif dan pendekatan positif.

inkuiri apresiatif merupakan salah satu model manajemen perubahan yang membawakebaikan dalam satu sistem seperti komunitas ataupun organisasi.

 

ada lima tahapan utama yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dengan akronim BAGJA (bahagia). Model ini diadaptasi dari paparan oleh Nobel dan McGrath tahun 2016

Buat pertanyaan utama

Ambil pelajaran

Gali mimpi

Jabarkan rencana

Atur eksekusi

 

Mengapa informasi tersebut diberikan pada Anda sekarang sebagai calon guru penggerak?

Informasi tersebut diberikan pada saya sekarang sebagai calon guru penggerak karena kita diharapkan akan mampu mengeksplorasi diri dan visi sebagai arah pandang dalam mewujudkan visi sekolah.

 

Informasi apa yang paling dapat membantu sebagai guru penggerak kelak?

Setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Inquiry Apresiatif dimulai dengan menggali hal-hal positif, keberhasilan yang telah dicapai dan kekuatan yang dimiliki organisasi,  sebelum organisasi menapak pada tahap selanjutnya dalam melakukan perencanaan perubahan. 

 

Hal kecil apa yang dapat Anda lakukan sekarang setelah memperoleh informasi tersebut?

Pendekatan Inquiry Apresiatif  dapat dimulai dengan mengidentifikasi hal baik, misal memandang visi yang telah ada di sekolah,  mencari cara agar bagaimana hal-hal positif tersebut dapat dipertahankan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak-adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut  dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah.

 


5 comments for "Tugas Modul 1.3.a.4 Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak"